January 29, 2010

Sebuah Realita ....

Saya cuma seorang 'single parents'.
Tapi saya bersyukur dalam ketidak sempurnaan saya sebagai seorang wanita dengan 2 orang permata hati saya, meskipun 'tidak lengkap', tapi saya sangat bahagia.
Meski kehidupan tidak selalu ramah kepada kami, namun kebahagiaan bukanlah selalu 'kesempurnaan;.

Saya sangat prihatin melihat realitas dunia.
Dimana banyak keluarga yang lebih tidak beruntung dari keluarga saya.
Mereka memiliki keluarga lengkap, memiliki seorang ibu, seorang ayah dan tentunya anak anak sebagai permata keluarga, namun entah kenapa mereka mengeluhkan banyak hak yang terkadang mengejutkan untuk saya, dan membuat sedih hati saya.
Atau keluarga tidak lengkap lainnya, tanpa ayah atau tanpa ibu atau terkadang tanpa anak......
betapa banyaknya jenis permasalahan yang ada di dunia ini, seolah kita diberikan pilihan paket paket masalah yang berbeda beda dengan bonus yang berbeda pula, seperti paket makanan di fast food :) atau paket pilihan layanan selular...., free sms, atau free nelpon murah atau free feature feature lainnya....., dan begitulah kehidupan ....., kadang di satu sisi kita kekurangan namun lebih di sisi lainnya, tak pernah ada 'kesempurnaan'....bukankah itu manusiawi?

Dan bukannya saya mensyukuri kehidupan kami (saya dan anak anak) yang tanpa seorang ayah sebagai kepala keluarga yang seharusnya, namun saya mensyukuri bahwa kekurangan itu bisa kami atasi dengan baik sebagai 'team', meski tetap selalu ada semacam 'lubang' disana....., namun lubang itu bisa saya tutupi dengan mensyukuri 'nikmat' Tuhan lainnya yang tak terkira. Anugerah di saat saya melihat kedua anak saya tumbuh menjadi anak yang berakhlak dan berbudi, melihat kedua permata saya bercengkrama dan bercanda, atau kami sekedar tertawa bersenda gurau dan menonton TV dan DVD bertiga di rumah mungil kami, atau sekedar mendengar putra saya bercerita tentang pacarnya yang lucu, atau putri saya yang selalu dengan gemas memeluk dan mencium saya tak ada habisnya, atau bermain game online bersama, saling berusaha mengalahkan record dan menertawakan ketololan ketololan saya yang sudah mulai suka lupa akan hal hal kecil atau bertingkah clumsy.....it's really a gift !

Ada hal hal yang sejujurnya mungkin saya sesali....tapi lebih banyak lagi yang saya syukuri !
Hidup memberikan begitu banyak pilihan dan saya telah memilih yang terbaik. Saya prihatin dengan begitu banyaknya kesedihan yang di alami sahabat, teman dan bahkan orang asing yang hanya saya lihat di TV. Betapa sulitnya menjalani kehidupan ini, betapa kejamnya kenyataan yang ada, atau betapa naifnya kita yang sering hanya menyalahkan keadaan ? Saya tidak cukup bijak untuk memahami segala kekejaman dan ketidak sempurnaan yang ada di sekitar saya....., namun satu hal yang terlintas di benak saya, jalan kehidupan adalah pilihan kita sendiri, kitalah yang menentukan dan membentuk masa depan kita sendiri...., bukan tetangga kita, bukan teman kita dan bukan juga mantan suami atau istri kita ....., orang tua mungkin memberikan landasan buat kita menapaki kehidupan, namun kesalahan apapun dalam kehidupan ini adalah tanggung jawab kita sendiri...., setelah kita dewasa dan mampu memilih mana yang baik dan tidak. Isn't it ?

So...., tidak ada kata terlambat untuk merubah hal hal 'salah' dalam hidup kita. Selama kita mau berusaha dan mau bertekad, bahwa kehidupan bisa menjadi lebih baik dan selama kita mau menyisakan sebuah kalimat sederhana yang mudah di ucapkan tapi sulit untuk di jalankan dengan ikhlas....., yakni 'bersyukur'. Masih banyak orang orang lain yang mungkin lebih tidak beruntung dari kita. Bukankah untuk bersyukur kita harus mampu melihat ke bawah ? dan untuk kehidupan yang lebih baik kita dapat melihat ke atas, agar kita selalu sadar bahwa masih banyak hal hal yang harus kita capai dalam hidup ini.

Notes ini saya buat, untuk sahabat sahabat saya yang sedang bersedih :)
I love u guys ! Please be strong and believe in your faith !

---------------------------------- sugarflo 2010 --------------------------

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.