January 29, 2010

Black Widow :)

Gue tergugah pengen nulis notes ini, karena teringat sebuah percakapan dengan teman beberapa waktu yang lalu..., teman gue itu bilang "kalau istri / perempuan selingkuh itu sebuah aib dan kurang ajar, pasti perempuan gak tahu diri tapi kalau suami/ laki laki selingkuh, itu biasa " :) hehehehhe so pasti temenku itu seorang laki laki lah ya...Saat itu aku diam saja..., tersenyum seperti biasa, meski heran kok gampang banget orang berpikir begitu? Meski gue setuju kalau selingkuh itu gak baik dan kurang ajar, tapi ya sama aja, mau cewek apa cowok, namanya selingkuh ya sama aja salah dan kurang ajarnya :) Buatku omongan semacam itu sudah menjadi makanan sehari-hari hahahahha sehubungan kehidupanku memang lebih banyak diantara kaum pria daripada wanita, so omongan setipe itu sudah menjadi 'biasa' dikupingku, dan karena kami perempuan selalu mjd golongan minoritas dalam lingkungan pekerjaanku, karenanya aku malas untuk menimpali apalagi berdebat. Bukankah setiap orang punya hak untuk menyatakan pendapat.

Pengalaman hidupku banyak mengajariku hal hal yang unik dan seru, pengalaman teman-teman disekitarku juga beragam dan dari berbagai lapisan masyarakat, dari yang anak pejabat, istri pejabat, simpanan pejabat, pejabatnya sendiri, pengusaha, kaum terpelajar sampai anak orang susah yang untuk makan aja musti berjuang keras.So....cerita miring maupun lurus, sudah menjadi makanan sehari hari.

Herannya, di dalam masyarakat yang katanya modern ini, perempuan tetap menjadi warga kelas 4. Posisi teratas sudah pasti kaum lelaki , kedua anak anak,ketiga orang tua dan baru perempuan ;) hehehehe. Ibaratnya nonton konser, perempuan tuh bagian 'festival'...., udah musti berdiri, bayar pula, desak-desakan tapi baris terdepan ;) Kenapa ? Karena perempuan selalu yang paling bisa di andalkan, kalau ada 'apa apa' hahahaha. Kalau jadi duda, buat lelaki gak menjadi 'big deal', biasanya mereka gak terlalu sulit untuk mencari pengganti alias new wife, apalagi kalau mapan, wah jangankan janda, gadis ting tingpun ikutan ngantri dengan semangat, masyarakat pun tidak memandang status duda ini menjadi penghalang untuk menikahkan seorang perawan ting ting dengan sang duda, buat masyarakat kita, sah sah aja kok, sedikit orang tua yang keberatan meski sang duda sudah punya ekor, alias anak. Lain hal kalau dengan janda, huaaaaaaaa ..... bahkan seorang ibupun yang notabene sesama gender dengan sang janda, akan tetap merasa keberatan bila anak lelakinya yang masih ting ting (berdasarkan status bukan berarti masih perjaka yeee....hehehe) ingin menikahi seorang janda. Sepertinya menjadi janda itu adalah aib yang tak termaafkan, apalagi kalau janda pisah hidup, bukan di tinggal mati suaminya :(

Begitulah nasib perempuan, sejak jaman adam di turunkan ke bumi, tentu saja akibat salah si 'hawa'. So sudah kodratnya perempuan selalu disalahkan, bahkan jaman yang katanya modern dan beradab ini tidak mampu merubah image tersebut. Sepertinya 'perbedaan' pandangan terhadap status 'janda' dan duda tadi memang sudah disetujui oleh masyarakat umum, bahwa 'janda' memang berbeda.

Baru saja di TV, gue juga denger si Tukul bilang, kalau janda pisah hidup dah pasti cewek egois....hahahahha, nambah lagi predikat baru. Tapi benarkah separah itu image seorang janda di mata masyarakat? Seharusnya kita sebagai kaum perempuanlah yang mulai menerima predikat janda itu sebagai hal yang 'biasa' sebagaimana status duda, sayangnya justru kaum perempuan yang sering mengecam predikat 'janda' sebagai hal yang mengerikan dan 'berbahaya', apalagi janda kembang :)
hahahahhaha. Jujurnya, gue nulis notes ini memang di latar belakangi karena I am one of them, ya gue juga seorang janda., and I know how it feels ;) Gue suka geli sendiri kalau gue baru pindah rumah, dan tetangga sekitar tahu kalau gue janda :) hahahahha, kayaknya cemas banget tetangga an ama janda ;) hahahahha, malah dulu di komplek gue yang lama, gue pernah dicurigai jadi simpanan seorang laki-laki tua berusia 70 tahunan, yg sering bolak balik ke rumah gue...., ngantar ini ngantar itu :) hihihihihihihi, belakangan mereka akhirnya nyadar, kalau itu BOkap gue man :) huahahahahha kasihan deh..., jadi kehabisan bahan gosip tetangga tetangga gue.

Hahahha. Janda. Sebuah label yang banyak membuat banyak perempuan takut menyandang predikat janda. Tak sedikit orang yang menganggap mereka yang berpredikat 'janda' bukanlah 'warga biasa'.Seolah ada catatan merah, ada lingkaran penanda, pahamilah.....apakah salah menjadi janda?

------------------------------ sugarflo 2009 ---------------------------

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.